Jumat, 27 Desember 2013

Roti Jala


Yang ini namanya Obat sakit hati atas kegagalan roti Maryam kemarin, hikss... Ya, bener mengobati sich, tapi tetep masih penasaran sama Roti Maryam, next time pengen coba lagi dan lagi sampe berhasil, asikk...


Seneng banget sama si roti jala ini, masakan dari Aceh ini sukses membuat Zayed nambah berkali-kali makannya, habis sekitar 4 gulungan, wow...! Roti jala selain enak juga simpel sekali membuatnya, yang susah adalah membuat adonan semua larut dengan air, tanpa gerenjil-gerenjil tepung, karena lama dan menghabiskan waktu akhirnya saya saring dengan kain tipis, dan sukses membuat adonan kental dan rata. Berikut adalah resep roti jalanya :)




Roti Jala

Bahan roti jala :
  • 2 butir telur ayam di kocok
  • 400 gram tepung terigu dengan kandungan protein sedang
  • 1/2 liter air 
  • 3 sendok makan margarin, dilelehkan.
Cara membuatnya :
  1. Campurkan telur bersama tepung terigu, lalu tuangi dengan air. Aduk-aduk hingga adonan licin dan jangan sampai ada tepung yang menggumpal. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan aduk kembali hingga rata.
  2. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, guntinglah dibagian ujungnya. Tekan hingga adonan keluar dan bentuklah menjadi berbentuk jala. Selanjutnya masaklah di atas wajan untuk mendadar yang sudah dipanaskan. Biarkan beberapa saat hingga matang, lalu angkat.
  3. Lipat roti jala seperti membuat amplop atau sesuai selera, sajikan dengan kari ayam.



Roti jala ini selain enak disandingkan dengan Kare Ayam, juga bisa menggunakan Gulai Ayam. Sejujurnya saya belum bisa masak Kari Ayam yang enak, jadi main aman pakai Gulai Ayam. Ohya jika ditemani sama saus coklat, gula halus atau keju juga nikmat :)
 


Tidak ada komentar: