Jumat, 04 Februari 2011

Mainan Edukatif Untuk Balita Cerdas

Semua anak khususnya balita gemar sekali bermain. Sebagai orang tua kita harus bijak dalam memilih mainan anak, sebaiknya kita memilih mainan anak yang dapat mendidik sehingga menjadi balita cerdas. Mainan anak edukatif (Alat Permainan Edukatif /APE) dapat merangsang daya pikir anak, termasuk diantaranya meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Mainan anak yang banyak kita jumpai di toko keperluan bayi tidak semua termasuk kedalam mainan anak yang edukatif.

Untuk memilih mainan anak, kita sebagai orang tua juga perlu memperhatikan label mainan dan perhatikan rekomendasi umurnya. Hal ini sangatlah penting untuk keselamatan balita Anda. Pilihlah mainan di toko perlengkapan bayi yang tidak mudah rusak atau copot agar balita Anda tidak melukai dirinya sendiri.

Contoh mainan anak yang edukatif untuk balita cerdas adalah buku-buku dengan gambar menarik dan emngandung pesan moral yang baik. Anda bisa membacakan untuk si balita cerdas, sambil mengenalkan kata-kata baru dan mengajarkannya alphabet. 

Untuk memberikan tantangan yang ringan dan menarik bagi balita cerdas kita dapat memberikan mainan anak dalam bentuk jigsaw puzzle, mainan anak yang satu ini membantu ia agar dapat menyelesaikan masalah dan juga berfikir logis. Mainan anak lainnya yang mengandung unsur edukatif adalah balok susun, berbagai macam alat music, dan juga ‘balance beam’ yaitu sebuah balok yang ditaruh di tanah dimana balita cerdas dapat melatih keseimbangan dalam berjalan dan sangat berguna untuk melatih saraf motoriknya.an umur balita.

1 komentar:

Mainan pak Budi mengatakan...

Memilih mainan edukatif memang harus selektif, disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Bermain sekaligus belajar. Trims ya, artikelnya bermanfaat sekali.