Jumat, 04 Februari 2011

Memilih Botol Bayi yang Aman

Kebutuhan ASI (Air Susu Ibu) bagi bayi merupakan hal yang penting. Selain karena dapat meningkatkan gizi bagi bayi, juga dapat mendekatkan emosional bayi terhadap ibu. Setiap 2 jam sekali dan dimana saja, memang disarankan bagi ibu-ibu untuk selalu menyusui si kecil. Namun, penting juga untuk selalu menyiadakan botol susu bayi sebagai keadaan emergency jika si ibu tiba-tiba sakit atau air susunya tidak mencukupi kebutuhan bayi.

Salah satu item yang harus ada dalam persediaan keperluan bayi merupakan botol susu bayi, selain juga perlengkapan bayi yang lain. Bagi ibu-ibu juga harus berhati-hati dalam memilih botol susu bayi yang aman digunakan. Setelah sampai toko perlengkapan bayi, sebaiknya mencari botol susu bayi yang berbahan kaca atau plastik jenis 4 atau 5. Jenis plastik 4 atau 5 dapat aman digunakan untuk susu bagi bayi.

Botol susu bayi memang rawan mengalami proses pemanasan, entah itu untuk sterilisasi (merebus botol susu bayi), dipanaskan di dalam oven, atau di tuangi air panas. Hindari botol susu bayi yang berkode 1, 3, 6, dan 7 (PC), kode-kode ini idealnya digunakan sekali pakai karena memiliki bahaya secara kimiawi. Namun, jalan yang aman memilih botol susu bayi di toko perlengkapan bayi adalah botol yang berbahan kaca karena bebas terjadi perubahan kimiawi.

Dengan selalu menyediakan botol susu bayi, tentunya kebutuhan bayi akan susu tidak terabaikan. Sebaiknya susu yang diberikan untuk bayi tetaplah susu ASI, namun jika menggunakan susu formula, sebaiknya orang tua mengkonsultasikan dengan dokter bayi agar mendapatkan susu yang tepat dengan kondisi dan usia bayi.

Tidak ada komentar: