Jumat, 04 Februari 2011

Makanan Yang Perlu di Hindari Dalam Masa Menyusui.

Air susu Ibu adalah makanan terbaik untuk bayi karena ASI menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Ibu menyusui membutuhkan konsumsi minimal 2.300 kalori perhari. Tentu saja berupa menu dengan gizi seimbang dan beragam makanan.kebutuhan akan protein meningkat dan pastikan setiap makanan terdapat protein dengan takaran yang sesuai dengan kebutuhan, daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, tahu, dan berbagai produk susu merupakan sumber protein yang baik. Kebutuhan akan kalsium akan tetap tinggi seperti halnya pada waktu sedang hamil, ibu menyusui harus minum setidaknya 3-4 jenis makan kaya kalsium setiap hari. Produksi ASI juga membutuhkan asupan air. jadi paling tidak minumlah 2 liter air.

Banyak hal yang harus dihindari oleh Ibu menyusui, salah satunya adalah menjaga pola makanan, contoh makanan dan minuman yang tidak bloeh dikonsumsi oleh Ibu menyusui diantaranya adalah :
  • Alkohol : Kandungan alkohol akan memberi efek negatif bagi tubuh yang tentu juga akan berpengaruh bagi si kecil.
  • Softdrink : Softdrink mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi yang beresiko meningkatkan naiknya kadar gula dalam darah anda.
  • MSG : Konsumsi makanan yang mengandung MSG berlebihan bisa memicu alergi dan menyebabkan kumpulan berbagai penyakit. Untuk itu perhatikan makanan yang anda konsumsi meskipun susah menghitung berapa banyak kandungan MSG yang tercampur dalam makanan yang telah anda konsumsi.
  • Makanan mengandung pengawet dan pewarna : Zat pengawet seperti formalin dan zat pewarna tekstil yang sering digunakan pada makanan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan gangguan fungsi hati.
  • Minuman Isotonik : Kandungan ion dalam minuman isotonik baik dikonsumsi saat tubuh sedang melakukan aktivitas fisik berat.
Membaca buku panduan untuk menjaga bayi dan mengatur pola makanan Ibu menyusui juga penting untuk lebih memahami merawat bayi dengan baik. Buku-buku panduan atau tips merawat anak banyak di jual di toko buku atau di toko perlengkapan bayi.

1 komentar:

TONGKAT GURAH VAGINA mengatakan...

Terimakasih gan infonya
Banyak hal baru yang baru aku ketahui